Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Berbagai Macam Jenis Cabai

Cabai atau juga orang menyebutnya cabe merupakan buah dari tumbuhan dan termasuk salah satu bumbu dasar untuk penyedap rasa masakan, umumnya berwarna merah menyala atau hijau tua.

Jika cabe dibelah, maka kita akan menemukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin yang seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabe menjadi pedas dan panas di lidah ketika kita mengkonsumsinya.

Sekarang adenalfi akan membagikan ulasan singkat berbagai macam cabe atau jenis cabe dari dalam negeri maupun dari manca negara.

1. Cabai Merah Besar
cabai merah besar
Cabai Merah Besar

Cabai ini memiliki panjang 10 sampai 15 cm dengan diameter 2-3 cm. Berkulit tebal dan tidak terlalu pedas. Jika sudah matang memiliki warna merah terang.

Berbentuk panjang dan besar, membujur lancip panjang besar. Permukaan kulis mulus mengkilat dan tebal seperti ada lilin pada kulitnya.

2. Cabai Merah Keriting
cabai merah keriting
Cabai Merah Keriting

Bentuknya panjang tetapi memiliki diameter yang kecil di bandingkan dengan cabai besar, ujungnya lancip cenderung runcing. Kulit buahnya tidak mulus melainkan bergelombang atau keriting. Kulit buahnya relatif tipis.

3. Cabai Merah Hijau
cabai merah hijau
Cabai Merah Hijau

Cabai merah hijau merupakan cabai merah besar tetapi di panen pada saat warna pada cabai masih hijau. Pemanenan yang masih muda dan belum pada matang yang maksimal.

4. Cabai Rawit
cabai rawit
Cabai Rawit

Cabe rawit ini berukuran kecil “mini”, dengan panjang sekitar 2-4 cm. Cabe ini hampir keseluruhan lebih pedas di bandingkan jenis cabe besar, tetapi tidak semua cabe rawit semuanya pedas. Cabe rawit memiliki keunikan dengan warna yang beragam, mulai dari hijau, merah, kuning hingga oranye.

5. Cabai Hibrida
cabai hibrida
Cabai Hibrida

Cabe hibrida termasuk jenis cabe besar. Tetapi yang membedakan cabe hibrida melalui persilangan modern yang menghasilkan varietas baru melalui seleksi tanaman yang di kembangkan.

Hasil persilangan tersebut jenis cabe hibrida di katakan manja di bandingkan dengan cabe pada umumnya, Yaitu tidak tahan terhadap lahan yang terbuka.

6. Cabai Gendol
cabai gendol
Cabai Gendol / Gendot

Jenis cabai rawit ini disebut gendot atau gendol, memiliki bentuk yang lebih gendut dan besar. Rasanya juga lebih pedas dari jenis cabai rawit lainnya. Warnanya sangat bervariasi mulai dari hijau, kuning, oranye, sampai merah terang.

7. Cabai Jawa
cabai jawa
Cabai Jawa

Jenis cabai yang satu ini memang bukan dari keluarga Capsicum annuum, namun masuk keluarga sirih-sirihan atau Piperaceae. Walau demikian cabai jawa juga memiliki rasa yang pedas, atau juga cabe jawa kadang disebut cabai jamu.

8. Cabai Rocoto
cabai rocoto
Cabai Rocoto

Cabai ini banyak ditemukan di Peru, Bolivia, Chile, Argentina Utara dan Ecuador. Bentuknya hampir bulat dan memiliki daging tebal seperti paprika. Cabai ini akan sangat pedas apabila bijinya berwarna hitam.

9. Cabai Bell Pepper atau Paprika
cabai paprika
Cabai Paprika

Seperti yang anda tahu, Bell pepper atau yang sering kita sebut dengan Paprika merupakan cabai yang memiliki 4 varian warna yaitu merah, kuning, hijau, dan oranye. Biasanya Paprika Hijau terasa lebih pahit apabila dibandingkan dengan paprika warna lainnya. Cabai jenis ini dikelompokkan ke dalam cabai yang kurang pedas atau "sweet peppers".

10. Cabai Pimento
cabai pimento
Cabai Pimento

Cabai pimento memiliki bentuk yang besar, berwarna merah dan berbentuk hati serta memiliki panjang sekitar 7-10 cm dan lebar 5-7 cm. cabai jenis ini memiliki daging buah yang manis, berair, dan lebih beraroma apabila dibandingkan dengan paprika merah.

11. Cabai Thai Pepper
cabai chili pepper
Cabai Chili Pepper

Cabai Thai Pepper memiliki Scoville rating: 50.000-100.000. Cabai ini banyak terdapat di Thailand dan negar tetangganya seperti Kamboja, Vietnam, Indonesia, dan sekitarnya.

12. Cabai Chilli Tepin
cabai chili tepin
Cabai Chilli Tepin

Cabai Chilli Tepin merupakan cabai liar yang banyak tumbuh di Amerika Tengah, Meksiko, dan Barat daya USA. Cabai ini sering disebut sebagai "ibu dari segala jenis cabai" karena dianggap sebagai spesies Capsicum Annuum yang tertua.

13. Cabai Datil Pepper
cabai datil pepper
Cabai Datil Pepper

Cabai ini banyak diproduksi di St. Augustine, Florida. Cabai ini berasal dari Cuba dan pada tahun 1880 dibawa oleh seorang pembuat jelly bernama S.B Valls. Cabai ini memiliki bentuk yang mirip dengan cabai rawit merah dan seringkali disebut dengan rawit domba atau juga cabai Tom Yum.

14. Cabai Peter Pepper
cabai peter pepper
Cabai Peter Pepper

Cabai peter pepper memiliki scoville rating 10.000-23.000. Cabai ini merupakan cabai langka yang sangat terkenal karena bentuknya seperti penis. Cabai ini termasuk jenis Capsicum annuum, meskipun tidak secara resmi diakui sebagai kultivar dari spesies ini.

15. Cabai Numex Twilight
cabai numex twilight
Cabai Numex Twilight

Cabai numex twilight merupakan salah satu varietas cabai yang tidak biasa dan dikembangkan oleh New Mexico State university.

Cabai ini dapat tumbuh mencapai tinggi 18 inci. Buah cabai ini akan berwarna ungu awalnya, kemudian akan berubah menjadi kuning dan oranye, apabila sudah masak akan berubah menjadi menjadi. Cabai ini akan menghasilkan perpaduan warna yang memberikan efek pelangi di atas daun tanamannya yang berwarna hijau.

16. Cabai Setan
cabai setan
Cabai Setan

Cabai setan merupakan cabai terpedas di Dunia. Cabai ini berasal dari timur laut India (Assam, Nagaland, dan Manipur) dan Bangladesh. Tingkat kepedasan cabai ini mencapai 1.001.304 Skala Scoville dan itu berarti tingkat kepedasan cabai ini melebihi cabai rawit.

17. Cabai Cherry
cabai cherry
Cabai Cherry

Panjangnya 2-3cm warnanya merah terang bentuknya tidak beraturan sekilas tampak seperti buah cherry.

Selengkapnya disini:



Dukunglah kami dengan klik agar kami lebih semangat mengumpulkan banyak informasi.

» Thanks for reading & sharing: Berbagai Macam Jenis Cabai







Artikel terkait Berbagai Macam Jenis Cabai

Belum ada tanggapan untuk "Berbagai Macam Jenis Cabai"

Post a Comment

Artikel Terbaru: