Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Kopi Dan Manfaatnya


Siapa yang tak mengenal kopi, hampir seluruh dunia mengenal apa itu kopi. Disini adenalfi akan mengulasnya dari awal sampai dengan berbagai manfaat kopi bagi tubuh kita.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: ﻗﻬﻮﺓ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. [butuh rujukan] Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.
Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit.
Berbagai efek kesehatan dari kopi. Pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh. [butuh rujukan] Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.
Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi.

Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg. Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga.

Kandungan kafein dalam berbagai sumber minuman


Sumber Kandungan Kafein
Secangkir kopi85 mg
Secangkir teh 35 mg
Minuman berkarbonasi35 mg
Minuman berenergi50 mg
Jenis KopiKadar
Kopi instan 2,8 - 5,0%
Kopi moka 1,00%
Kopi robusta 1,48%
Kopi arabika 1.10 %

Manfaat kopi bagi tubuh

  1. Antioksidan
Kopi diketahui banyak mengandung antioksidan yang sering dipercaya dalam mengembalikan energi tubuh dan merasa lebih segar.
  2. Menjaga Kondisi Hati
Kopi diketahui memiliki sifat baik untuk menjaga kondisi hati, terutama bagi orang-orang yang sering minum alkohol.
  3. Mengusir Stres
Orang yang minum kopi setiap hari sering mengatakan bahwa hanya dengan mencium aroma kopi, dapat meringankan beban mereka dari stres dan ketegangan.
  4. Mengurangi Risiko Kanker
Kopi dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kanker (baik itu kanker kulit ataupun kanker prostat). Meski belum ada jaminan bahwa hal itu telah terbukti, namun tidak ada salahnya menikmati secangkir kopi setiap hari.
  5. Mengurangi Risiko Diabetes dan Parkinson
Minuman Kopi dikenal memiliki manfaat untuk mengurangi faktor risiko terhadap penyakit diabetes dan Parkinson.


Demikian ulasan dari kami dan semoga banyak manfaatnya.

» Thanks for reading & sharing: Kopi Dan Manfaatnya







Artikel terkait Kopi Dan Manfaatnya

Belum ada tanggapan untuk "Kopi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Artikel Terbaru: