Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Teh, Manfaat Dan Kerugianya Bagi Kesehatan

Jumpa lagi kawan bersama adenalfi disini kami akan menyampaikan dari tanaman teh. Daun teh baik juga untuk tubuh kita tapi juga ada keburukannya. Sekarang kami akan mengulasnya dari awal.

Teh adalah minuman yang mengandung kafein , sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun , pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh putih, teh hijau , teh oolong , dan teh hitam atau teh merah.

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Pengelompokan teh berdasarkan tingkat oksidasi:

-Teh putih
Teh yang dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan- lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.

-Teh hijau
Daun teh yang dijadikan teh hijau biasanya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalami oksidasi dalam jumlah minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan (cara tradisional Jepang dengan menggunakan uap atau cara tradisional Tiongkok dengan menggongseng di atas wajan panas). Teh yang sudah dikeringkan bisa dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil (teh yang disebut gun powder).

-Teh oolong
Proses oksidasi dihentikan di tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu 2-3 hari.
-Teh hitam atau teh merah
Daun teh dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan.










Berikut adalah 10 fakta teh bagi kesehatan baik manfaatnya maupun kerugiannya.

1.   Teh mengandung sedikit kafein sehingga tidak menimbulkan efek diuretik. Anda tidak akan bersegera ke kamar mandi untuk buang air setelah meminum segelas teh.
2.   Jenis teh tertentu juga dapat memberi keuntungan bagi gigi Anda. Ada elemen teh yang mengandung fluoride sehingga mencegah kerusakan pada gigi.
3.   Es teh dapat digunakan untuk mengobati luka kulit yang terbakar.
4.   Kandungan teh pada dasarnya adalah 99% mengandung air, karena itu, teh tidak mengakibatkan dehidrasi.
5.   Teh dapat mengatasi bau mulut. Sebuah penelitian di Chicago membuktikan bahwa kandungan polifenol yang terdapat di dalam teh secara aktif membantu mencegah bakteri yang menyebabkan bau mulut.
6.   Teh mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan. Kandungan antioksidan pada teh juga lebih baik daripada yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan karena dapat lebih mudah diserap oleh pembuluh darah.
7.   Meminum teh dapat membantu Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur.
8.   Zat tannin dan catechin dalam teh dapat mengikat zat besi (Fe) dalam makanan. Oleh karena itu
HINDARILAH
meminum teh manis setelah makan besar (nasi dengan lauk pauk). Zat besi yang terdapat di dalam lauk pauk akan terikat oleh tannin dan catechin sehingga tidak dapat terserap oleh usus. Fe atau zat besi di dalam makanan berguna untuk membentuk sel darah merah atau eritrosit pada tubuh manusia. Bila kekurangan zat besi terjadi akan timbul penyakit kekurangan sel darah merah yang disebut anemia defisiensi besi yang lama-kelamaan dapat mengakibatkan berbagai komplikasi anemia, yaitu gagal jantung, gangguan pertumbuhan, dan komplikasi saat persalinan.
9.   Saat yang tepat untuk minum teh adalah pada sore hari. Teh dapat diminum bersamaan dengan memakan cemilan seperti kue, dll.
10.   Penggunaan gula dalam teh juga perlu diperhatikan karena kadar gula yang berlebih dapat mengakibatkan diabetes, terutama bagi Anda yang mempunyai berat badan di atas rata-rata.


Hanya itu saja yang bisa kami sampaikan dan semoga banyak manfaatnya.

» Thanks for reading & sharing: Teh, Manfaat Dan Kerugianya Bagi Kesehatan







Artikel terkait Teh, Manfaat Dan Kerugianya Bagi Kesehatan

Belum ada tanggapan untuk "Teh, Manfaat Dan Kerugianya Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Artikel Terbaru: