Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Ragam Jenis Nangka Di Pasaran Indonesia

Buah nangka sama juga nama pohonnya, sekarang adenalfi akan berbagi tanaman satu ini yang banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia.

Nangka diyakini berasal dari India, yakni wilayah Ghats bagian barat, di mana jenis-jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebar dihutan hujan disana. Kini nangka telah menyebar luas di berbagai daerah tropik, terutama di Asia Tenggara.
Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah "Artocarpus heterophyllus". Dalam bahasa Inggris nangka dikenal sebagai "jackfruit".

Varian nangka amat banyak jenisnya, baik dengan melihat perawakan pohon dan bagian bagian tanamannya, rasa dan sifat sifat buahnya, maupun sifat-sifat yang tak mudah dilihat seperti kemampuan tumbuhnya terhadap variasi-variasi lingkungan.

Dari segi sifat-sifat buahnya secara umum buah nangka mengenal dua kelompok besar yakni:

1. Nangka Bubur
nangka bubur
Nangka Bubur

Daging buahnya tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.

2. Nangka Salak
nangka salak
Nangka Salak

Daging buahnya tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.

Dari segi varietasnya, nangka terdapat banyak jenis:

1. Nangka Cempedak
nangka cempedak
Nangka Cempedak

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

2. Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang
nangka celeng atau nangka bilulang
Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang

Nangka Celeng itu sama dengan nangka bilulang, yaitu buahnya tumbuh di pangkal batang mendekati tanah bahkan ada yang muncul dari tanah. karena di tanah, makanya babi hutan (celeng) sering memakannnya. Nangka Bilulang berasal dari kalimantan Barat. Kalau Nangka Celeng berasal dari Banyuwangi (Jatim) dan tegal (jateng).

3. Nangka Dulang
nangka dulang
Nangka Dulang

Nangka Dulang memiliki daging buah berwarna kuning cerah dengan bentuk buah yang besar dan tebal serta memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan kandungan air sedikit sehingga terasa renyah.

4. Nangka Kandel
nangka kandel
Nangka Kandel

Nangka kandel bentuknya sama persis dengan jenis nangka pada umumnya, namun nangka ini memiliki keistimewaan daging buahnya yang tebal, tebalnya antara 0,60-0,75 cm lebih tebal dibandingkan dengan nagka lain.

5. Nangka Kunir
nangka kunir
Nangka Kunir

Bentuk buah bulat dengan duri yang tumpul dan jarang. Warna kulit buah kuning kemerahan. Daging buah besar (panjang antara 6-7 cm, diameter 4 cm, dan tebal 1,0-1,5 cm). Rasa manis dengan aroma kuat dan sedikit mengandung air. Warnanya yang kuning cerah seperti kunyit menjadi dasar penamaan jenis nangka ini. Ukuran biji relatif kecil. Dami sedikit, berukuran besar dan lebar, warna putih, dan enak dimakan karena manis.

6. Nangka Merah
nangka merah
Nangka Merah

Nangka ini adalah daging buahnya tidak berwarna kuning tetapi merah. Daging buahnyapun relatif cukup besar dan tebal. Nangka Merah adalah nagka yang berasal dari Kalimantan Timur.

7. Nangka Mini
nangka mini
Nangka Mini

Pohon nangka mini ini tingginya hanya 400 cm dengan diameter batang paling bawah 7 cm, berbuah hanya dalam 9-12 bulan, mampu berbuah lebat sekali. Per pohon bisa berbuah lebih dari 40 buah (meski sudah agak dijarangkan agar buah tidak kerdil), sampai-sampai pohonnya terlihat tidak mampu lagi menahan buahnya yang banyak.

8. Nangka Madu
nangka madu
Nangka Madu

Nangka Madu adalah hasil pengembangan riset karya negeri Jiran. Bibit nangka ini didapat dengan mengumpulkan berbagai varietas unggulan dan menggabungkannya secara rekayasa genetik.

9. Nangka Sri Bajong
nangka sri bajong
Nangka Sri Bajong

Nangka sri bajong adalah hasil pengembangan riset bibit nangka dari Thailand ini menghasilkan buah nangka unggul. Buahnya besar dan tebal sedang bijinya sangat kecil. Buahnya sangat renyah, dan rasanya sangat manis.
Itulah berbagai jenis ragam nangka dipasaran Indonesia, walau cuma singkat semoga banyak manfaatnya.

Selengkapnya disini:


» Thanks for reading & sharing: Ragam Jenis Nangka Di Pasaran Indonesia







Artikel terkait Ragam Jenis Nangka Di Pasaran Indonesia

Belum ada tanggapan untuk "Ragam Jenis Nangka Di Pasaran Indonesia"

Post a Comment

Artikel Terbaru: