Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Ragam Jeruk Keprok Jeruk Lokal Unggulan

Jeruk keprok merupakan jeruk lokal unggulan atau bisa disebut juga jeruk mandarinnya Indonesia. Seperti biasa adenalfi akan membahas ragam jenis jeruk keprok atau macam jeruk keprok dari Indonesia.

1. Keprok Boci (Jeruk mandarin)
keprok boci
Jeruk Keprok Boci
Keprok boci merupakan varietas atau macam-macam jeruk keprok yang dikembangkan di kawasan Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Boci artinya tidak memiliki biji. Dengan demikian, jeruk keprok boci merupakan varietas jeruk keprok yang nonbiji dan memiliki daging buah yang tebal dengan serat banyak.
2. Keprok Brastepu
keprok brastepu
Jeruk Keprok Brastepu
Keprok brastepu merupakan varietas jeruk keprok yang tumbuh subur di kawasan Tanah Karo, Sumetera Utara. Jeruk keprok ini memiliki cici berupa warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya berwarna kemerahan. Daging buahnya ini sangat lembut dan beraroma wangi seperti jeruk sunkis.
3. Keprok Cina Konde
keprok cina konde
Jeruk Keprok Cina Konde
Keprok cina konde merupakan varietas keprok yang berkembang dengan baik di wilayah Garut, Jawa Barat. Ciri dari bauk keprok garut ini adalah bentuk buahnya yang gepeng dengan ukuran relatif sedang, yakni berdiameter antara 4 - 5 cm. Warna kulit keprok garut adalah kuning kemerahan dengan daging buah berwarna orange.
4. Keprok Fremont (Frimong)
keprok frimong
Jeruk Keprok Frimong
Jenuk Fremont atau frimong merupakan varietas jeruk keprok yang banyak dibudidayakan di Thailand. Di Indonesia sendiri, jeruk ini dikenal dengan sebutan jeruk Frimong. Ciri utama dari jeruk ini adalah warna kulitnya yang kuning kehijauan dan daging buahnya berwana kuning orange. Rasa jeruk ini cenderung memiliki rasa masam yang lebih dominan dibanding rasa manisnya, namun sangat segar, terlebih jika dimakan di tengah hari.
5. Keprok Garut
keprok garut
Jeruk Keprok Garut
Sama halnya dengan keprok cina konde, keprok garut (sesuai namanya) merupakan varietas jeruk keprok yang banyak dan tumbuh subur di wilayah Garut, jawa Barat. Keprok garut ini dikategorikan sebagai varietas jeruk keprok terbaik di antaramacam-macam jeruk keprok lain yang terdapat di Indonesia.
Ciri utama dari jeruk keprok garut adalah bentuk buahnya yang bulat agak lonjong dan berdiameter sekitar 8 cm. Wana kulitnya kuning kehijauan, sedang daging buahnya yang sangat manis berwarna kuning kemerahan.
6. Keprok Ponkam
keprok ponkam
Jeruk Keprok Ponkam
Keprok ponkam merupakan varietas jeruk keprok yang tumbuh dan berkembang di India Selatan, namun perkembangan selanjutnya jeruk ini lebih banyak dibudidayakan di negara Taiwan. Jeruk ini memiliki ciri yang mudah diidentifisasi, terutama dari bentuknya yang tidak bundar sepenuhnya.
Selain itu, warna kulit jeruk ponkam adalah kuning cerah kemerahan dengan struktur yang lebih tebal dibanding jeruk keprok lainnya. Keprok ponkam merupakan satu di antara macam-macam jeruk keprok lainnya yang memiliki rasa daging buah sangat manis dan cenderung tidak memiliki rasa asam.
7. Keprok Madura
keprok madura
Jeruk Keprok Madura
Keprok madura, sesuai namanya, adalah varietas jeruk keprok yang tumbuh dan berkembang dengan subur di kawasan Pamekasan, Madura. Jeruk ini sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah dan memiliki iklim kering. Ciri utama yang dapat diidentifikasi pada jeruk keprok madura adalah warna kulitnya yang berwarna hijau kekuningan dan warna daging buahnya kuning. Rasa jeruk keprok madura ini sangat manis, meskipun ada juga beberapa yang agak masam.
8. Keprok Batu atau Keprok Punten
keprok batu atau keprok punten
Jeruk Keprok Batu
Keprok batu merupakan varietas jeruk keprok yang berkembang dengan di kawasan Desa Punten, Kecamatan Batu, Malang. Ciri utama keprok baru yang mudah diidentifikasi adalah bentuk buahnya yang aga besar dan bulat. Diameter jeruk keprok ini antara 8 - 10 cm. Warna kulitnya adalah hijau tua ketika masih muda dan berwarna kemerahan setelah tua atau ketika siap panen.
9. Keprok SoE
keprok SoE
Jeruk Keprok SoE
Jeruk atau citrus yang berkembang di Soe, Nusa Tenggara Timur, lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan jeruk keprok SoE. Beberapa wilayah yang banyak menghasilkan jeruk keprok SoE yakni Kapan, Tobu, Bonleu, Ajobaki hingga Fatumnasi. Rata-rata daerah penghasil jeruk keprok SoE berada di wilayah utara Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang memiliki hawa dingin.
10. Keprok Gayo
keprok gayo
Jeruk Keprok Gayo
Tanah subur di Aceh Tengah menghasilkan buah-buahan yang sangat beragam. Dari “tanah surga” itulah kopi gayo muncul yang kemudian merambah penjuru dunia. Bukan hanya kopi, hara yang berasal dari tanah di Dataran Tinggi Gayo menghasilkan buah jeruk beraroma tajam dengan rasa yang cukup manis. Jeruk itu dikenal dengan nama keprok gayo.
Jeruk keprok gayo yang memiliki nama latin "citrus reticulata/nobilis sp" bukanlah buah sembarangan. Buah yang diameternya mencapai 10 cm itu sudah dikukuhkan sebagai komoditi unggulan nasional melalui SK Mentan Nomor 210/Kpts/SR.120/3/2006.
11. Keprok Kacang Solok
keprok kacang solok
Jeruk Keprok Kacang Solok
Jeruk keprok kacang solok berasal dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Keprok kacang solok memiliki rasa yang cukup manis, jeruk keprok kacang yang pernah dikembangkan masyarakat Koto Parik Gadang Dietah dan Surian Kabupaten Solok ini, memiliki aroma yang khas.
12. Keprok RGL
keprok RGL
Jeruk Keprok RGL
Jeruk Keprok Rimau Gerba Lebong (RGL) atau dikenal dengan Gerba Lebong merupakan salah satu komoditas potensial Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong, Bengkulu karena mampu meningkatkan penghasilan masyarakat.
Jeruk RGL memiliki cita rasa yang berbeda dengan jeruk keprok lainya dan memiliki beberapa keunggulan yaitu buahnya berwarna kuning-oranye, berbuah sepanjang tahun, ukuran buah besar 200-350 gram, kadar sari buah tinggi dan mempunyai potensi pasar yang baik.
13. Keprok Siam Madu
keprok siam madu
Jeruk Keprok Siam Madu
Salah satu jenis jeruk yang mempunyai rasa manis dengan rasa seperti madu yaitu Siam Madu. Jeruk ini berasal dari Karo, Sumatera Utara dengan memiliki keunggulan rasa yang manis segar dan warna yang orange apabila ditanam di dataran tinggi. Sekarang ini jeruk ini mulai banyak dikembangkan di daerah sentra jeruk di Malang.
14. Keprok Siam Gunung Omeh
keprok gunung omeh
Jeruk Keprok Gunung Omeh
Jeruk keprok siam gunung omeh berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota tepatnya di kecamatan Gunung Omeh terdapat jeruk yang khas yaitu siam Gunung Omeh. Meski tergolong jeruk siam namun mempunyai warna kulit yang oranye karena di tanam di dataran tinggi. Rasa dari jeruk ini manis dengan ukuran buah yang relatif besar dibanding jeruk siam pada umunya. Jeruk ini merupakan komoditi unggulan dari Kabupaten 50 Kota dan Provinsi Sumatera Barat.

Informasi selengkapnya ada divideo ini:



Klik  agar mendapatkan informasi menarik lainnya.

» Thanks for reading & sharing: Ragam Jeruk Keprok Jeruk Lokal Unggulan







Artikel terkait Ragam Jeruk Keprok Jeruk Lokal Unggulan

Belum ada tanggapan untuk "Ragam Jeruk Keprok Jeruk Lokal Unggulan"

Post a Comment

Artikel Terbaru: