Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Varietas Mangga Unggul Terbaik Di Indonesia

Sahabat tani yang terhormat sekarang adenalfi akan membagikan jenis varietas mangga unggul terbaik dari Indonesia. Sebenarnya di Indonesia banyak varietas mangga unggulan yang dibudidayakan baik itu dari pemerintah sampai masyarakat perseorangan, Tapi dikesempatan ini adenalfi hanya mengulas sebagian saja. Tanpa panjang lebar kita langsung saja mulai :

Mangga Garifta

Mangga Garifta yang sudah terdaftar dalam SK Kementerian Pertanian tahun 2009 ini memiliki empat jenis, yakni Garifta Merah, Garifta Kuning, Garifta Orange, dan Garifta Gading. Mangga tersebut merupakan varietas unggul terbaik dan berasal dari Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Garifta adalah hasil perkawinan mangga-mangga lokal kualitas terbaik. Dari perkawinan inilah akan menghasilkan mangga garifta dengan rasa manis dan warna yang indah.

Garifta adalah kependekan dari; Ga berarti Mangga, Rif berarti Research Institute for Fruit, dan Ta hanya penambahan untuk mempercantik pengucapan.






  • Garifta Merah
    mangga garifta merah
    Mangga Garifta Merah

    Mangga garifta merah berbentuk lonjong, berparuh, warna merah hijau, ketika buah kecil pun sudah mengeluarkan warna merah keunguan (bergantung pada intensitas paparan sinar matahari yang kena di kulit buah). Rasa buah manis, kadar gula sekadar 15.5 derajat Brix, produksi per tahun 62 kg per pohon, aroma mangganya sedang kuat, agak berserat, dagingnya lembut lunak.

  • Garifta Kuning
    mangga garifta kuning
    Mangga Garifta Kuning

    Mangga varietas Garifta Kuning sangat menarik dengan warna kulit kuning keemasan. Produksi buah rata - rata mencapai 77 kg/pohon/tahun. Mangga varietas ini memiliki buah berbentuk jorong dengan berat per buah 320 - 400 g. Tekstur dagingnya agak lunak berserat kasar, rasa dan aromanya harum kuat, jumlah buah pertandan 1 - 5 buah. Waktu berbunga pada bulan Juni - Juli dan waktu panen terjadi pada bulan Oktober - November.

    Keunggulan mangga varietas ini diantaranya mempunyai daya simpan pada suhu kamar sekitar 6 - 10 hari setelah petik, rasanya manis dan harum. Mangga ini tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian 1 - 300 m dpl.

  • Garifta Orange
    mangga garifta orange
    Mangga Garifta Orange

    Mangga garifta orange ini sudah ada di Indonesia sejak 70 tahun silam. Setelah melewati proses adaptasi panjang dan seleksi ketat, mangga ini terpilih sebagai salah satu mangga unggul pada 2009. Tidak mengherankan jika mangga ini masuk kategori unggul, sebab mangga jenis ini memiliki produktivitas tinggi. Setiap pohon bisa menghasilkan 135 kilogram (kg) buah dalam setahun.

  • Grafita Gading
    mangga garifta gading
    Mangga Garifta Gading

    Ciri khusus mangga garifta gading salah satunya adalah memiliki perpaduan warna merah dan kuning dengan gradasi yang cantik pada buahnya yang berbentuk bulat. Penampilannya makin menawan, dengan warna merahnya makin menyala ketika perkembangan buahnya terkena cahaya matahari.

    Tekstur dagingnya agak lunak berserat kasar, rasanya manis, aromanya harum kuat. Jumlah buahnya antara 1-4 buah dalam satu tandan. Waktu berbunga biasanya terjadi pada bulan Juli-Agustus. Sedangkan waktu panen terjadi antara November-Desember.

  • Informasi selengkapnya ada di video ini:



    Dukunglah kami dengan klik agar kami lebih semangat mengumpulkan banyak informasi.

    » Thanks for reading & sharing: Varietas Mangga Unggul Terbaik Di Indonesia







    Artikel terkait Varietas Mangga Unggul Terbaik Di Indonesia

    Belum ada tanggapan untuk "Varietas Mangga Unggul Terbaik Di Indonesia"

    Post a Comment

    Artikel Terbaru: