Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Mencangkok Pohon Pepaya Agar Cepat Berbuah

adenalfi: pohon pepaya
Pohon pepaya yang berbuah

Selain kaya nutrisi dan bermacam vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh pepaya juga sangat digemari oleh masyarakat, bukan dari masyarakat Indonesia saja tapi juga manca negara.

Banyak pohon pepaya disekitar kita baik itu pepaya yang ukurannya kecil sampai pepaya yang kualitasnya bagus. Lalu bagaimana mempertahankan pepaya yang kualitasnya bagus itu terus berlanjut dan jangan sampai cepat punah? Wah ini pertanyaan yang bagus untuk kita cari solusinya.

Banyak cara untuk membudidayakan pohon pepaya, mulai dari penyebaran biji pepaya untuk dijadikan bibit sampai dengan cara jalan pintas yaitu pencangkokan pohon pepaya. Biasanya kalau pembibitan dari bijinya itu butuh waktu lama untuk bisa mengambil buahnya dan berbeda kalau dengan cara pencangkokan pohonnya, hasil buahnya bagus sama seperti induknya dan tidak butuh waktu lama untuk menunggu waktu berbuah.

Bagaimana cara mencangkok pohon pepaya agar cepat berbuah dan kualitas buahnya sama seperti induknya? Baiklah disini adenalfi mau membagikan tips mencangkok pohon pepaya agar cepat berbuah.

Pertama pilihlah induknya


Pilih induk pohon pepaya yang hasil buahnya bagus, kenapa pilih yang bagus karena kalau pilih yang jelek nanti hasil buahnya juga ikut jelek dan kurang memuaskan hasilnya.

Kedua iris pohonnya


Pohon pepaya diiris dari bawah miring keatas kira-kira sampai 2/3 pohonnya, jangan sampai putus dan jangan sampai kulit sebagian besarnya tergores.

Ketiga tahan dengan kayu


Maksudnya disini tahan irisan pohon pepaya tadi dengan kayu dan biarkan getahnya mengering dulu sebelum proses selanjutnya. Kenapa dibiarkan kering dulu sebab kalau masih basah getahnya nanti terjadi pembusukan pohonya dan untuk mencegah irisan pohon tadi tidak menempel atau menyatu kembali.

adenalfi: mencangkok pohon pepaya
Gambar proses pencangkokan pohon pepaya

Keempat kasih tanah


Irisan pohon pepaya yang sudah kering dari getahnya dikasih tanah. Tanah yang baik untuk pencangkokan itu tanah humus atau juga tanah hasil olahan sendiri dari kotoran hewan dicampur dengan dedauanan yang dibiarkan sampai membusuk.

Kelima bungkus plastik


Bungkuslah dengan plastik tanah yang sudah ditempel pada irisan pohon pepaya tadi, bungkuslah yang rapat dan diikat atas bawah agar tanahnya tidak rontok jatuh ketanah. Dan tusuk bagian atas untuk penyiraman apabila tanahnya kering.

Keenam tunggu sampai berakar


Sebelum keluar akarnya jangan dipotong pohonnya. Kalau sudah keluar akarnya maka potonglah cangkokan pohonnya dan biarkan seharian untuk mengeringkan getahnya. Dan sekarang mulai bisa menanam pohon pepaya di pekarangan rumah atau juga bisa dalam skala besar yaitu untuk perkebunan.

Selengkapnya disini:


» Thanks for reading & sharing: Mencangkok Pohon Pepaya Agar Cepat Berbuah







Artikel terkait Mencangkok Pohon Pepaya Agar Cepat Berbuah

4 Tanggapan untuk "Mencangkok Pohon Pepaya Agar Cepat Berbuah"

  1. Lumayan bisa belajar lewat sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok. Silahkan semoga bermanfaat untuk semua

      Delete
    2. Aamiin,, dan semoga sukses selalu menyertai kita semua, aamiin

      Delete

Artikel Terbaru: