Beranda · Hubungi Kami · Daftar Isi · Tentang kami · Berlangganan
Powered by Blogger.

Bermacam Jenis Mangga Dari Luar Negeri



Buah mangga, buah yang mempesona karena bentuk dan warna yang bervariasi dan buah yang banyak dibudidayakan terutama masyarakat indonesia, tak terkecuali di manca negara. Banyak varietas macam jenis mangga di dunia dan disini hanya sebagian saja yang ditampilkan walau sebagian tapi mangga-mangga ini sudah sering terdengar.

Seperti judul posting ini adenalfi mau membagikan sedikit rincian bermacam jenis buah mangga dari luar negeri. Berikut ini ulasan beserta gambar buah mangga. Tanpa panjang lebar kita langsung saja mulai dari:

Dari Negara Thailand




  • Mangga Chokanan

    adenalfi: mangga chokanan
    Buah mangga chokanan

    Mangga chokanan atau juga sering disebut mangga Chauk Anan memiliki daging yang kenyal dan manis akan meninggalkan kesan segar di tenggorokan Anda. Di Asia, mangga menjadi salah satu jenis buah yang keberadaannya cukup melimpah. Dan salah satu Negara yang giat mengembangkan varietas buah mangga secara serius adalah Tahiland, si negeri Gajah Putih. Memang Pemerintah Thailand serius menggarap sektor pertanian menjadi salah satu poin unggul dalam sektor pariwisata mereka.

    Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak hasil pertanian dari Thailand yang tersohor hingga ke belahan dunia lainnya. Sementara di Indonesia segala sesuatu yang dilabeli nama “Bangkok” pastilah memiliki kualitas super dan jauh di atas yang lainnya. Salah satu buah super yang berasal dari Thailand dan banyak digemari di Indonesia adalah mangga Chokanan. Meski tidak berlabel bangkok, namun variaetas mangga yang satu ini memang berasal dari Thailand.

  • Mangga Golden Namdokmai Srithong

    adenalfi: mangga namdokmai
    Buah mangga golden namdokmai srithong

    Pohon mangga golden namdokmai srithong memiliki akar, batang pohon, dan cabang-cabang yang kuat serta bentuknya yang mudah diatur. Buahnya lonjong tergolong sedang, panjangnya antara 10 sampai 12 cm dan memiliki rata-rata berat sekitar 200 g/buah. Daging buahnya tebal, berserat halus, dan berbiji tipis. Soal rasa jangan ditanya, jelas mangga ini memiliki rasa yang manis. Buah mangga namdokmai golden yang sudah matang, dapat bertahan selama 5 sampai 7 hari dalam masa penyimpanan.

  • Mangga Okyong

    adenalfi: mangga okyong
    Buah mangga okyong

    Rasa mangga okyong muncul maksimal ketika dipetik dalam kondisi telah masak di pohon. Tandanya kulit buah telah berwarna kekuningan, jika dipencet terasa agak empuk. Jangan tunggu sampai benar-benar empuk, agar anda dapat menikmati kerenyahan tekstur buah mangga ini. Tekstur buah ini memang istimewa, jika digigit ada rasa kres yang sensasional.

  • Mangga Kio jay

    adenalfi: mangga kio jay
    Buah mangga kio jay

    Mangga kio jay secara umum rasanya merupakan paduan antara asam dan sedikit manis. Tekstur dagingnya terasa lembut tanpa serat seolah-olah sedang menyantap buah kesemek. Ukuran buahnya bisa mencapai 1 hingga 2 kilogram, sehingga orang sering menyebutnya sebagai mangga arum manis jumbo. Mangga kio jay tumbuh subur pada iklim seperti di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah dengan cuaca panas. Curah hujan yang tinggi dan mendung justru dapat menghambat pertumbuhan pohon mangga kio jay.

  • Mangga Mahachanok

    adenalfi: mangga mahachanok
    Buah mangga mahachanok

    Mangga Mahachanok berasal dari Thailand. Bentuk buah panjang warna buah pelangi, sangat menarik. Rasa buah manis harus khas mangga Mahachanok, sangat tepat untuk kolektor. Buah mangga Mahachanok belum banyak ada dipasaran.

    Dari Negara Malaysia


  • Mangga Mahathir Kinabalu

    adenalfi: mangga mahatir
    Buah mangga mahatir kinabalu

    Daun mangga Mahathir Kinabalu sangat khas, berukuran cukup panjang dan lebar dengan bentuk daun bergelombang dan berurat (urat daun kelihatan menonjol). Ciri khas lainnya adalah jika sepotong kecil daun tua diremas di antara ibu jari dan jari telunjuk, akan mengeluarkan aroma khas berbau sengir yang umumnya tidak dimiliki oleh varietas-varietas mangga lainnya. Jika mangga lain mempunyai percabangan dan ranting yang tumbuh ke atas atau samping, maka percabangan dan ranting mangga Mahathir cenderung lemas dan tumbuh menjuntai ke bawah, oleh karena itu pengaturan arah pertumbuhan cabang dan ranting harus dilakukan seawal mungkin dengan mengikat cabang/ranting pada ajir bambu.

    Dari Negara Taiwan


  • Mangga Yuwen

    adenalfi: mangga yuwen
    Buah mangga yuwen

    Mangga yuwen merupakan mangga introduksi yang berasal dari negara Taiwan. Tampilan buahnya warna merah terang sehingga membuatnya sangat menarik dan eksotis. Bukan hanya itu mangga yuwen memiliki cita rasa yang lezat dibalik daging buahnya yang tebal dengan biji sangat tipis, rasanya yang manis dan tanpa serat. Mangga yuwen bisa dibudidayakan dengan bibit hasil okulasi atau sambung, sering juga diistilahkan dengan sistem vegetatif. Teknik okulasinya adalah dengan menyambungkan mata tunas dari pohon induk mangga yuwen dengan bibit mangga biasa.

  • Mangga Emperor

    adenalfi: mangga emperor
    Buah mangga emperor

    Mangga emperor atau red emperor merupakan varietas mangga yang berasal dari Taiwan, mangganya berwarna kulit merah segar, daging buah kuning dengan rasa manis segar.

    Dari Negara Australia


  • Mangga Irwin

    adenalfi: mangga irwin
    Buah mangga irwin

    Mangga Irwin dapat mencapai ukuran yang cukup besar mencapai berat 500 gr perbuahnya ini, memiliki tekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. Rasa manis berkat kadar gula 12-15º yang memenuhi rongga mulut dan diakhiri sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah. Jika di panen matang, kualitas buah justru menurun, daging buah yang teksturnya padat, agak berair mempunya serat cukup halus, berasa sedikit bertepung tanda kandungan pati lumayan tinggi, jadi panenlah mangga saat belum masak betul di pohon untuk mendapatkan rasa yang prima.

  • Mangga Kensington Pride

    adenalfi: mangga kensington pride
    Buah mangga kensington pride

    Mangga Kensington Pride adalah mangga unggulan benua kangguru yang disebabkan bukan saja karena daging buahnya yang lembut manis dan tidak berserat tetapi juga didukung oleh penampilan menarik dari warna kulit buahnya yang oranye-kuning cerah bersemu pink - strawberry. Warna seperti inilah yang menjadikan buah mangga gedong gincu dan mangga-mangga lainnya yang berkulit kuning mulus laku di ekspor ke manca negara.

    Dari Negara Amerika


  • Mangga Haden

    adenalfi: mangga haden
    Buah mangga haden

    Mangga yang berasal dari USA dan Brasil ini ukuran buahnya bisa mencapai setengah kilogram, warna buahnya merah, ada sedikit kuning di bagian ujung buahnya. Rasa buahnya manis, kenyal dan beraroma.

  • Mangga Sensation

    adenalfi: mangga sensation
    Buah mangga sensation

    Daging buah mangga sensation berwarna kuning terang berserat sangat halus. Dengan tekstur buah yang lembut – juicy dan aroma wangi ringan, daging buah mangga sensation akan terasa di langit-langit mulut dengan sesekali memunculkan sensasi rasa asam menyegarkan yang merupakan awal dari pemberian nama “Sensation” pada mangga ini.

    Seperti kebanyakan warna kulit buah mangga introduksi luar Indonesia yang memiliki kulit berwarna merah – ungu, mangga Sensation yang ditanam di Indonesia juga tidak terlepas dari terjadinya perubahan warna. Perubahan warna mengga Sensation yang ditanam di Indonesia akan berwarna cenderung memiliki warna merah-ungu yang tidak terlalu gelap, berbeda dengan warna varietas yang ditanam di daerah sub-tropis yang berwarna merah-ungu gelap plum. Hal ini disebabkan karena warna merah gelap plum pada buah mangga Sensation muncul, disebabkan karena adanya hormon antosianin pada kulit buah. Hormon antosianin adalah hormon yang berasal dari glukosa yang peka akan gelombang pendek-100-200 mµ dari sinar matahari.
  • Informasi selengkapnya ada di video ini:



    Dukunglah kami dengan klik agar kami lebih semangat mengumpulkan banyak informasi.

    » Thanks for reading & sharing: Bermacam Jenis Mangga Dari Luar Negeri







    Artikel terkait Bermacam Jenis Mangga Dari Luar Negeri

    Belum ada tanggapan untuk "Bermacam Jenis Mangga Dari Luar Negeri"

    Post a Comment

    Artikel Terbaru: